PPAKB Provsu Gelar Sosialisasi Pengembangan dan Fasilitasi PPKS di Labura

Kegiatan pengembangan dan fasilitasi PPKS. Di Kantor Badan PPAKB Kabupaten Labura, Sumatera Utara. Selasa (9/8/2016)
Kegiatan pengembangan dan fasilitasi PPKS. Di Kantor Badan PPAKB Kabupaten Labura, Sumatera Utara. Selasa (9/8/2016)

Aekkanopan, (Sentralberita)- Biro Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) Provinsi Sumatera Utara, menggelar sosialisasi tentang pengembangan dan fasilitasi pusat pelayanan keluarga sejahtera (PPKS) di Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura). Selasa (9/8/2016).

      Sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut yaitu, Badan Pemberdayaan Perempuan, Anak dan Keluarga Berencana (PPAKB) dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Labura.

      Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Biro PPAKB Provsu, Hj.Nurlela SH,MAp beserta rombongan dari medan. Dalam sambutannya Nurlela menuturkan “kegiatan ini kami laksanakan sampai kedaerahan kabupaten/kota. Agar dapat memotivasi kehidupan keluarga menjadi lebih sejahtera”. Ucapnya.

     Dijelaskannya, disini kita memilih dua narasumber yaitu PPAKB Kabupaten Labura dan Disperindag. Agar masyarakat didaerah dapat bertukar pikiran /sharing sampai pada season tanya jawab. Harapannya agar sebuah keluarga dapat mencari solusi dalam meraih kesejahteraan dan kehidupan yang harmonis. Tegasnya.

     Kepala Badan PPAKB Kabupaten Labura, Dra.Nursaadah Lubis,MM dalam kegiatan tersebut mengatakan ” PPKS adalah wadah kegiatan dan rangkaian kegiatan kesejahteraan pelayanan keluarga melalui konseling, bimbingan dan fasilitasi” ujarnya.

      Diterangkannya, dasar hukum kegiatan ini adalah BKKBN no.259/PER/F3/2016 tentang pedoman pusat pelayanan keluarga sejahtera. Dalam hal ini ada delapan bentuk pelayanan PPKS.

      Pertama, pelayanan informasi dan dokumentasi kependudukan dan keluarga berencana. Kedua, konseling keluarga balita dan anak. Ketiga, konseling pra nikah. Keempat, konseling keluarga remaja. Kelima, konseling keluarga lansia. Keenam, konseling keluarga berencana dan kesehatan reproduksi. Ketujuh, konseling keluarga harmonis. Kedelapan, pembinaan usaha ekonomi keluarga.

      Masih kata Nursaadah, saat ini Kabupaten Labura sudah memiliki PPKS di lima Kecamatan yaitu, Kantor BKBPPPA Jln.Koptu Mahmun Lubis Aekkanopan, Balai KB Kecamatan Kualuh Selatan, Balai KB Kecamatan Aek Kuo, Balai KB Kecamatan Marbau, Balai KB Kecamatan Na IX X.

      Dalam hal ini panitia kegiatan langsung dari Biro PPAKB Provsu dan anggaran untuk kegiatan ditampung dari APBD 2016 Setdaprovsu. Jadi PPAKB Kabupaten Labura bersama Disperindag sebagai narasumber hanya memfasilitasi kegiatan dan mengundang masyarakat serta konselor dari kecamatan. Tegasnya.

      Utusan dari Disperindag Labura hadir Kepala Bidang Perindustrian, Umar Dhani Siregar SE. Pada kesempatan tersebut Umar Dhani menuturkan “kebijakan dari Disperindag Labura dalam kegiatan ini adalah penguatan ekonomi pada pusat pelayanan keluarga sejahtera” katanya.
Lanjutnya, adapun tujuannya sebagai berikut, mewujudkan masyarakat yang berkompetensi kerja dan berdaya saing. Kemudian mendorong terwujudnya usaha ekonomi masyarakat serta mewujudkan stabilitas perekonomian berbasis ekonomi kerakyatan. Tegasnya.   (SB/Wandi)

Comments

Tinggalkan Balasan