PDAM Tirta Pakuan Bogor dan Tirta Nauli Siantar Study Banding ke PDAM Tirtanadi

tirtanaaMedan, (Sentralberita)-Penerapan Rencana Pengamanan Air Minum (RPAM) di PDAM sangat diperlukan untuk menjamin kelangsungan penyediaan air minum bagi masyarakat.

Hal ini disampaikan Direktur Administrasi dan Keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian saat menerima kunjungan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Provinsi Jawa Barat di Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jl. SM. Raja No. 1 Medan, Rabu (24/08).

Arif Haryadian juga memaparkan bahwa penyusunan RPAM PDAM Tirtanadi dikerjakan sendiri selama 3 bulan oleh Tim yang dibentuk tanpa menggunakan konsultan dari eksternal namun didampingi dari Kementerian PUPR.

Pjs. Dirut PDAM Tirta Pakuan Deny Surya Sanjaya menjelaskan bahwa kunjungan ini dimaksudkan untuk mengetahui tentang penyusunan RPAM di PDAM Tirtanadi dan manfaatnya.

“PDAM Tirtanadi telah lebih dahulu menyusun RPAM sementara PDAM Tirta Pakuan baru akan mulai, untuk itu lah kami berkunjung untuk mengetahui lebih jauh seperti apa dan manfaat dari RPAM tersebut,” kata Deny.

Pada kesempatan itu Ketua Tim RPAM PDAM Tirtanadi Zulkifli Lubis menjelaskan tentang tata cara penyusunan dan manfaat RPAM bagi PDAM.

“RPAM bermanfaat untuk menjamin kelangsungan proses aktifitas PDAM mulai dari Intake sampai ke Pelanggan baik dari segi kualitas, kuantitas, kontinutas dan keterjangkauan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan berlangsung dalam jangka panjang,” kata Zulkifli Lubis.

Zulkifli Lubiz menambahkan bahwa yang utama dalam  RPAM ini adalah Manajemen Risiko yang dapat diandalkan untuk scoring resiko yang ada.

Deny mewakili rombongan PDAM Tirta Pakuan mengaku puas atas penjelasan yang disampaikan oleh Direktur Administrasi dan keuangan PDAM Tirtanadi Arif Haryadian dan Ketua Tim RPAM PDAM Tirtanadi Zulkifli Lubis.

“Insya Allah ilmu yang didapatkan dari PDAM Tirtanadi tentang penyusunan dan penerapan RPAM akan kami terapkan di PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor supaya pengelolaan PDAM Tirta Pakuan lebih baik lagi dan lebih fokus,” ujar Deny.

Setelah diskusi hampir 3 jam, rombongan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bergerak mengunjungi IPA PDAM Tirtanadi Sunggal untuk meninjau langsung proses pengolahan air sekaligus melihat langsung penerapan RPAM di IPA Sunggal.

Ditempat yang sama, Direkt Administrasi dan Keuangan  PDAM Tirtanadi Arif Haryadian juga menerima kunjungan study banding dari PDAM Tirta Nauli yang dipimpin langsung Direktur PDAM Tirta Nauli Badri Kalimantan.

Kunjungan ini dimaksudkan untuk mempelajari sistem Payment Point Online Bank (PPOB) pembayaran rekening air yang telah diterapkan PDAM Tirtanadi. (SB/01/ril)

 

Comments

Tinggalkan Balasan