Mahasiswa Baru UMSU Dapat Jaminan Kesehatan dari BPJS

Penandatangan Rektor UMSU Agussani dengan pihak BPJS (foto/ist)
Penandatangan Rektor UMSU Agussani dengan pihak BPJS (foto/ist)

Medan, (Sentralberita)- Seluruh mahasiswa baru Tahun 2016 di Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU)  akan mendapat jaminan kesehatan dari BPJS.

Program jaminan kesehatan bagi mahasiswa baru UMSU itu tertuang dalam perjanjian kerjasama yang ditandatangani Rektor UMSU Dr. Agussani M.AP dan Kepala Cabang BPJS Kota Medan dr. Sudarto disaksikan Kepala Divisi Regional I BPJS Kota Medan dr. Feri Aulia, di kampus pascasarjana, Jalan Denai, Medan (5/8).

“Kerjasama UMSU dan BPJS ini diharapkan akan memberikan rasa aman dan nyaman kepada mahasiswa UMSU dalam menjalankan aktifitas mengikuti masa perkuliahan,” ungkap Rektor UMSU, Dr Agussani, MAP didampingi, Wakil Rektor I, Dr H M Arifin, SH, MHum, WR II, Akrim, SPdI, MPd, WR III, Rudianto, S.Sos, MSi dan Sekertaris Rektor, Gunawan, SPdI, MTH.

Menurut Agussani, kerjasama UMSU dengan BPJS akan terus dikembangkan khususnya yang terkait dengan pelayanan kesehatan. Dalam kaitan ini, UMSU telah membangun klinik pratama yang akan menampung para peserta BPJS yang ingin mendapatkan layanan kesehatan.

Dia yakin kerjasama UMSU dan BPJS dalam penyelenggaraan layanan kesehatan itu akan terus berkembang. Apalagi UMSU yang merupakan amal usaha Muhammadiyah diberikan ruang yang luas dari pimpinan pusat untuk mengambil kebijakan dalam hal meningkatkan kerjasama dengan pihak ketiga.

Dijelaskan dia, saat ini UMSU memiliki jumlah mahasiswa sekitar 23.000 orang. Namun untuk sementara yang akan dilindungi jaminan kesehatan untuk tahap awal adalah seluruh mahasiswa baru Tahun 2016. Selanjutnya secara bertahap diharapkan seluruh mahasiswa akan mendapatkan layanan kesehatan.

Sementara itu, Kepala Divisi Regional I BPJS Kota Medan dr. Feri Aulia mengatakan, pihaknya sangat gembira atas penandatanganan kerjasama dengan UMSU. Kerjasama pemberian layanan kesehatan kepada mahasiswa ini diharapkan akan lebih ditingkatkan.

Dia berharap, fasilitas kesehatan UMSU yakni klinik pratama yang dipercaya memberikan layanan kesehatan kepada masyarakat bisa terus dikembangkan dan peralatan medis yang ada sekarang ini ditambah.

“Untuk penambahan peralatan kesehatan di klinik pratama  diharapkan bisa segera dipenuhi. Jadi pihak UMSU memikirkan pemenuhan peralatan medis. BPJS sebegai penyelenggara   akan berupaya membenahi sistem pelayanan sesuai kewenangan yang diberikan,” katanya.

Sementara itu Wakil Rektor II, Akrim SPdI, MPd menambahkan, jaminan kesehatan baru berlaku bagi mahasiswa baru UMSU yang iuran tiap bulannya akan ditanggung UMSU. Bagi mahasiswa yang sebelumnya telah terdaftar di BPJS secara mandiri atau ikut orang tua secara bertahap akan ditarik ke UMSU dan iurannya dibayar UMSU.

“Biayanya sudah termasuk di BPP yang dibayarkan mahasiswa baru angkatan Tahun 2016,” katanya. (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan