Eldin Lepas Keberangkatan Calhaj Kota Medan

wwwwwwwwwwwMedan, (Sentralberita)- Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi melepas keberangkan calon jemaah haji (calhaj) Kota Medan yang tergabung dalam kelompok terbang (kolter) IX dari Asrama Haji Jalan AH nasution Medan, Jumat (11/8).

Selain itu  para calhaj juga diingatkan untuk dapat melaksanakan ibadah haji dengan khusyuk dan tertib dengan mentaati selutuh aturan dan jadwal yang telah ditetapkan. Kemudian Eldin berpesan  agar para calhaj menjaga nama baik negara, terutama Kota Medan dengan menjauhi tindakan tidak terpuji dan dilarang pemerintah Arab Saudi.

Selanjutnya mantan Wakil Wali Kota dan Sekda Kota Medan ini mengajak seluruh calhaj asal Kota Medan  untuk selalu menjaga kekompakan. “Jumlah calhaj  yang melaksanakan ibadah haji sangat banyak dari berbagai negara. Untuk itu terus jaga kekompakan, apabila ada kesulitan yang ditemui, saya harap dapat saling membantu satu sama lainnya,” kata Eldin.

 Kemudian Eldin menyampaikan permintaan maafnya, sebab tahun ini Pemko Medan tidak bisa member makanan dan minuman kepada para calhaj di Tanah Suci seperti yang telah dilakukan pada tahun-tahun sebelumnya. Hal ini terjadi akibat Kantor Kementrian Agama sudah menyiapkannya              . “Kalau kita berikan akan terjadi tumpang tindih anggaran,” jelasnya.

 Sebelum mengakhiri sambutannya, Eldin mendoakan kepada seluruh calhaj agar  diberi kesehatan dan kekuatan dalam  menjalankan ibadah hadi, termasuk diberi kemudahan dalam melaksanakan seluruh rukun haji. Lalu Eldin juga berharap agar para calhaj tak lupa mendoakan Kota Medan, sehingga ibukota Provinsi Sumatera Utara ini menjadi kota yang bermartabat dan religius.

 Selain Wali Kota, pelepasan calhaj ini turut dihadiri anggota Komisi III DPR RI, Hasrul Azwar, Kepala Kantor Wilayah Kementrian Agama Sumut, H Tohar Bayoangin, alim-ulama dan cenmdikiawan Muslim,  sejumlah pimpinan SKPD di lingkungan Pemko Medan beserta camat maupun undangan lainnya.

Pelepasan para calhaj ini ditandai dengan pemberian bendera petaka Merah Putih oleh Wali Kota kepada pimpinan kloter beserta surat-surat penting. Untuk Kloter IX ini, calhaj asal Kota medan berjumlah 359 orang, perinciannya 135 calhaj pria dan 224 calhaj perempuan. Selain itu bergabung 2 orang calhaj asal Deli Serdang, Labuhan batu (2), Langkat (2), Asahan (1) dan Binjai (1). Kemudian ditambah 3 TPHD Kota Medan, TPHI (1), TPIHI (1) dan TKHI (1).  Dengan demikian total keseluruhan Kloter IX (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan