Anggota Komisi VIII DPR RI Kunker Awasi Asrama Haji

agama-1Medan, (Sentralberita)-Dalam rangka melaksanakan fungsi pengawasan di bidang pembangunan keagamaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan, Empat Anggota Komisi VIII DPR RI mengadakan kunjungan kerja ke Asrama Haji Medan (Ahmed), Kamis (18/8)

Anggota Komisi VIII DPR RI yang berkunjung diketuai oleh H. Iskan Qolba Lubis,MA didampingi tiga anggota, Hj. Endang Maria Astuti, S.Ag, SH,MH, Linda Megawati, SE, MSI dan Dwi Astuti Wulandari.

Dalam kunjungan tersebut diadakan pertemuan yang dihadiri Ketua PPIH Embarkasi Medan Drs.H.Tohar Bayoangin, M.Ag, Sekretaris PPIH Drs.H.Bahrum Saleh, MA,perwakilan dari Kapolda Sumut, Imigrasi, Dinas perhubungan, Bea dan Cukai, Bidang Kesehatan serta undangan lainnya.

Ketua Tim Iskan Qolba Lubis mengatakan, peninjauan Komisi VIII DPR RI ke Embarkasi medan ini, merupakan pelaksanaan dari fungsi pengawasan terhadap penelenggaraan ibadah haji.Oleh karena itu, kami mengucapkan terima kasih kepada Kakanwil Kemenagsu dan jajarannya serta berbagai pihak yang telah membantu pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan ibadah haji di Embarkasi medan ini, ungkapnya.

Iskan Qolba menyampaikan, pengawasan ini bertujuan untuk memastikan bahwa pemerintah, yaitu Kementerian Agama dan kementerian/lembaga terkait lainnya memberikan pelayanan yang maksimal kepada para jemaah haji mulai pemberangkatan dari Indonesia, pelaksanaan haji di Arab Saudi sampai pemulangan kembali dari Arab Saudi ke tanah air.

Dia menambahkan, tahun ini terdapat perbaikan kebijakan dalam penyelenggaraan ibadah haji diantaranya, meningkatkan jumlah manasik haji, meningkatkan jumlah makan di Makkah serta mekanisme visa yang bisa dicetak di Provinsi.

Perbaikan penyelenggaraan ibadah haji yang dilakukan oleh pemerintah ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan dan keamanan kepada jamaah hajidalam melaksanakan ibadah haji sehingga menjadi haji mabrur, imbuhnya.

Sementara itu ketua PPIH Embarkasi Medan Drs.H. Tohar bayoangin, M.Ag melaporkan, sampai dengan keberangkatan Calhaj kloter 08/MES, Calhaj Embarkasi Medan yang sudah diberangkatkan ke tanah suci berjumlah 3.111 orang (46,62 %) dan yang belum diberangkatkan berjumlah 3.597 orang (53,90 %).

Dia juga melaporkan, seorang Calhaj masih tertunda keberangkatannya karena visa belum selesai an. Sri Taati Kardi dan Kita terus berkoordinasi dengan Kemenag RI dan Kedutaan Arab Saudi agar visanya cepat selesai. (SB/01)