Ajak Masyarakat SergaiCegah Penyakit Kaki Gajah

gggggggggggSergai, (Sentralberita)-Penyakit Filariasis (kaki gajah) yang merupakan wabah dunia merupakan penyakit menular menahun yang disebabkan cacing micro filaria. Cacing ini dapat merusak sistem sirkulasi sekunder (sistem limpatik) manusia dan akhirnya menimbulkan pembengkakan pada tangan, kaki, payudara dan skrotum sehingga menimbulkan cacat seumur hidup serta stigma sosial bagi penderita dan keluarga.

 Hal ini dikemukakan Wakil Bupati Serdang Bedagai (Wabup Sergai) Darma Wijaya didampingi Kadis Kesehatan drg. Zaniyar MAP dan Direktur RSUD Sultan Sulaiman dr. H. Helminur Sinaga dalam bimbingan dan arahan saat membuka secara resmi Sosialisasi Pemberian Obat Pencegahan Massal (POPM) Filariasis Tahun 2016 bertempat di Aula Sultan Serdang kompleks Kantor Bupati di Sei Rampah, Selasa (2/8
 Lebih lanjut dipaparkan Wabup Darma Wijaya bahwa Kabupaten Sergai terus mendukung dan melaksanakan kesepakatan global WHO, hal ini dikarenakan daerah ini dinyatakan sebagai Kabupaten penyakit kaki gajah (endemis filariasi)  sejak diketemukannya mikrofilaria melalui survey darah jari pada tahun 2005 di Kecamatan Teluk Mengkudu dan Tebing Tinggi, tahun 2008 di Kecamatan Pantai Cermin, tahun 2010 di Kecamatan Sei Rampah dan terakhir tahun 2011 di Kecamatan Bintang Bayu.
 Sebelumnya Kadis Kesehatan drg. Zaniyar MAP melaporkan bahwa tujuan dilaksanakan Sosialisasi ini agar dapat menambah pengetahuan para peserta sehingga dapat menyebarluaskan informasi tentang pelaksanaan POPM Filar.(SB/jhontob)

Comments