Ujian Gelombang I Masuk UMSU Besok (Sabtu)

logMedan, (Sentralberita)= Ujian gelombang I masuk universitas Muhammadiyah Sumatera Utara  dilaksanakan, Sabtu   (18/6) besok .Sebanyak 1032 peserta akan mengikutinya.

“Diantara peserta terdapat 45 orang yang masuk UMSU melalui jalur undangan,” kata Wakil Rektor I UMSU, Dr Hammad Arifin, SH M Hum didampingi WR II, Akrim, SPdi, MPd, di kampus UMSU, Jalan Mukhtar Basri, Medan, Rabu (15/6).

Data sementara, jumlah peserta yang mendaftar ujian masuk UMSU sampai, Rabu (15/6) sebanyak 899 orang. Jumlah tersebut terus bertambah dan diyakini sampai penutupan gelombang pertama penerimaan mahasiswa baru lebih membludak..

Dijelaskan dia, ujian penerimaan mahasiswa baru UMSU dilakukan dua tahap yakni tes potensi akademik secara tertulis dan wawancara tes kepribadian. Para calon mahasiswa UMSU juga wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urin.

Pemeriksaan kesehatan dan tes urin untuk memastikan calon mahasiswa UMSU bebas Narkoba menjadi syarat mutlak yang mesti diikuti. Jika ada peserta ujian  menolak mengikuti pemeriksaan kesehatan dan tes urin maka dipastikan akan gugur, meski nilai-nilai ujian tertulis yang dilaksanakan mendapat hasil baik.

UMSU telah berkomitmen untuk melawan pengaruh Narkoba di kampus. Salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan mewajibkan setiap calon  mahasiswa UMSU mengikuti tes urin.

” Mohon kepada peserta ujian diingatkan kembali untuk melakukan pemeriksaan kesehatan dan tes urin,” kata Arifin kepada para dosen pengawas yang mengikuti sosialisasi tata tertib ujian masuk UMSU.

Dijelaskan dia, untuk ujian tertulis atau tes potensi akademik terdiri dari ujian verbal, numerik, logika dan penalaran, spasial, intra serta interpersonal.

Sementara itu, Wakil Rektor II, Akrim SPdI, MPd menjelaskan, untuk tahun ini UMSU akan memperketat sistem penerimaan mahasiswa baru. Hal ini dibuktikan dengan sistem pendaftaran online yang sudah diterapkan tidak mengakomodir para lulusan di atas tiga tahun

“Untuk para lulusan SMA di atas tiga tahun, pihak panitia seleksi penerimaan mahasiswa baru UMSU mewajibkan yang bersangkutan untuk mendapat rekomendasi dari pimpinan fakultas pilihan,” katanya.

Dalam tes wawancara dan kepribadian, kepada para dosen penguji juga ditekankan untuk memberikan perhatian lebih kepada calon mahasiswa terkait sikap dan penempilan.  Intinya jika dipandang dari aspek prilaku tidak layak untuk diterima, maka bisa jadi dibatalkan meski ujian  tertulisnya dinyatakan lulus.

“Melalui sistem penerimaan mahasiswa baru UMSU yang cukup ketat ini diharapkan akan melahirkan mahasiswa dan lulusan yang lebih berkualitas secara akademik dan memiliki kepribadian yang baik,” katanya (SB/01)

Comments

Tinggalkan Balasan