Kapal Asing Mencuri di Laut Indonesia Telan Kerugian 20M se-Tahun

rizalMedan, (Sentralberita)- Menko Maritim juga mengungkapkan banyaknya kapal ikan asing yang mencuri di laut Indonesia yang meninbulkan kerugian setahun mencapai 20 milyar dolar.

Dikatakan Ramli, pemerintah bertindak tegas, dibawah komando Menteri Perikanan dan Kelautan Ibu Susi, sudah banyak kapal-kapal pencuri asing yag ditenggelamkan.

“Ini manfaatnya besar, nelayan saat ini tangkapannya jadi lebih banyak,” kata Rizal Ramli di Belawan,

Dia mengatakan  dulu warga nelayan Belawan harus naik perahu hingga tiga jam baru mendapat hasil. “Sekarang sejam sudah dapat ikan ,” kata Ramli.

Tujuannya pemberian kapal untuk membantu nelayan agar mendapatkan tangkapan lebih baik. Kepada warga masyarakat Kampug Nelayan, Ramli menjelaskan ada syarat untuk mendapatkan bantuan,  yaitu nelayan harus bergabung dalam koperasi.

Selain bantuan kapal, pemerintah juga akan memberikan, asuransi kepada 1 juta nelayan di Indonesia.

Dijelaskan Gubsu H T Erry Nuradi, Sumut mendapat alokasi bantuan asuransi bagi 60.500 nelayan.

Dia menyambut gembira program pemerinta tersebut karena akan melengkapi program perlindungan nelayan di Sumatera Utara yang sudah dilaksanakan Pemprovsu.

Seperti diketahui, Sumut  provinsi pertama melaksanakan program perlindungan bagi nelayan. Sejak tahun 2012, melalui APBD Pemerintah Provinsi  sebanyak 3.400 nelayan Sumut sudah terlindungi asuransi. (SB/01)

 

 

Comments

Tinggalkan Balasan