Umar Zunaidi Buka AM & PFF Tebingtinggi

tebing-1Tebingtinggi (Sentralberita)- Walikota Tebingtinggi H Umar Zunaidi Hasibuan membuka resmi pameran Agri Market dan Flora & Fauna (AM & PFF) Tebingtinggi ke 3 tahun 2016, Jumat (27/5) di Lapangan Merdeka Tebingtinggi yang berlansung selama 7 hari (27 Mei s/d 2 Juni 2016).

 Agri Market dan Pameran Flora & Fauna tersebut merupakan kreatifitas dan inovasi dari Kota Tebingtinggi yang ditularkan ke daerah-daerah lain, sebagai sebuah ajang untuk memberikan informasi kepada masyarakat tentang hasil-hasil pertanian holtikultura.Mekipun Tebingtinggi merupkan sebuah daerah perkotaan, dengan pengembangan program Urban Farming, pertanian non organik dan Hydroponik diharapkan akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat dan bahkan menambah penghasilan keluarga”, kata Umar Zunaidi.

 Dikatakannya, kegiatan ini harus terus ditumbuh kembangkan untuk memberikan motivasi dan saling bertukar informasi para petani holtikultura, dan semua ini merupakan untuk kemajuan para petani yang ada di Tebingtinggi.Saat ini petani Kota Tebingtinggi dengan memanfaatkan bibit padi yang baik dan pengaturan pola tanam yang tertib dan teratur meskipun lahan pertaniannya terbatas, tapi mampu panen tiga kali dalam setahun”, ujarnya.

 Umar menambahkan, kegiatan AM & PFF ini juga dimanfaatkan dalam menghadapi Bulan Ramadhan, atas keikutsertaan Bulog dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) dengan membuka stand penjualan beras dan gula,yang harga jualnya dibawah harga pasar. “Atas nama Pemerintah Kota Tebingtinggi kami menyampaikan apresiasi kepada Bulog dan PPI. Saya berharap Bulog dan PPI selama berlangsungnya AM & PFF ini akan terus membuka standnya dan memberikan pelayanan bagi warga Kota Tebingtinggi khususnya memenuhi kebutuhan beras dan gula, meskipun Pemko Tebingtinggi dalam waktu dekat akan melaksanakan operasi pasar”, ujarnya.

 Kadis Pertanian Marimbun Marpaung menyampaikan, pameran Flora dan Fauna ini diikuti oleh 25 stand pameran dan diisi dengan berbagai macam jenis pertanian dan peternakan serta diisi dengan bemacam perlombaan. “Pameran AG & PFF bertujuan sebagai sarana promosi dan pemasaran produk pertanian, sarana Informasi dan Edukasi serta temu bisnis antara pelaku usaha dengan harapan tumbuh kembangnya bidang agribisnis dan pemanfaatan lahan-lahan non produktif”, jelasnya.

 Dalam peninjauannya di stand PPI, Umar mohon harga gula yang dijual Rp 12.500 kepada masyarakat diturunkan menjadi Rp 12.000.- yang Rp 500.- akan disubsidi oleh Pemerintah Kota Tebingtinggi, “Tolong bantu kami ya pak, biar yang Rp 500.- kami yang tanggulangi dan jualan tiap hari disini, pinta Umar kepada petugas.

 Pada AG & PFF tersebut juga diserahkan pemerintah untuk Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL) kepada kelompok wanita masing-masing Rp 10 Juta yang diterima KW Bersinar Kelurahan Rantau Laban Kecamatan Rambutan, KW Sehat Kelurahan Tanjung Marulak Hilir Kecamatan Rammbutan. KW Anggrek Kelurahan Bandar Utama Kecamatan Tebingtinggi Kota dan KW Mekar Sari Raya Kelurahan Lubuk Raya Kecamatan Padang Hulu.

 Sedangkan bantuan Urban Farming diberikan kepada 5 Kecamatan di Tebingtinggi, bantuan Hydropinik untuk Kami Anak Tebingtinggi, IKA DPRD, TP PKK Kota dan Kantor Ketahanan Pangan, serta bantuan tanaman buah-buahan untuk Mahyudin Saragih, Evi Susanti dan Novita Rauda.**.

 

Comments