Sekum PP Muhammadiyah: Lulusan UMSU Tak Gentar Hadapi MEA

Wisuda UMSU hari ketiga (foto-SB/01)
Wisuda UMSU hari ketiga (foto-SB/01)

Medan,(Sentralberita)- Terkait dengan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA), ,  lulusan UMSU tidak perlu gentar bahkan dapat menjadi pemain di dalam persaingan MEA.

. “Saya tegaskan bagi sarjana UMSU, Masyarakat Ekonomi ASEAN adalah peluang, karena kita bisa bekerja di Singapura, Filipina dan Amerika serta negara-negara lainnya. Di sana kita bisa berkarir. Tidak perlu khawatir meninggalkan kampung halaman karena negara-negara itu bisa menjadi kampung halaman terutama bagi lulusan UMSU.”ujar Sekretaris Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah Dr Abdul Mu’ti pada Wisuda UMSU hari ketiga, Kamis (14/4/2016)

Menurutnya,  Islam mengajarkan bahwa bumi Allah itu luas, maka jelajahilah bumi Allah itu, apalagi Muhammadiyah telah membentuk pengurus cabang di sejumlah negara bahkan telah membeli tanah di Kairo sebagai pusat studi dan interaksi dengan masyarakat Timur Tengah.

Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara salah satu dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah se-Indonesia yang terus berkembang dengan jumlah mahasiswa yang meningkat.  Tidak hanya itu, Kopertais sudah mencatat UMSU sebagai universitas kelas dunia (World Class University).

.“Kami mengamati beberapa prestasi yang sudah dicapai oleh UMSU dan Kopertais pula mencatat UMSU sebagai world class university yang terus berkembang dan meningkat,” kata Dr Abdul Mu’ti di hadapan 1.000-an lulusan UMSU Gedung Selecta Jalan Listrik Medan.

Wakil Rektor I Muhamamd Arifin Gultom dan Wakil Rektor II Akrim, para dekanat, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Sumut Prof Dr Ibrahim Gultom, Wakil Ketua Kopertais IX Dr Anshari Yamamah, Badan Pembina Harian UMSU Firdaus Nali, Direktur Pascasarjana Prof Ediwarman serta seribuan orangtua wisudawan.

Sementrara Wakil Ketua Kopertais Wil. IX Anshari Yamamah mengatakan,  suatu kebanggan luar biasa patut disampaikan kepada Rektor UMSU Dr Agussani yang telah mencapai kemajuan dalam membawa UMSU tidak hanya menjadi The Best University di level nasional tetapi juga menjadi World Class University.

.Rektor UMSU Dr Agussani, MAP memimpin langsung pemindahan jumbai toga para lulusan. Selanjutnya, pembacaan ikrar bersama yang dipimpin mahasiswa masing dengan Indeks Predikat Kumulatif 3,9 dari masing-masing program studi baik Strata 1 maupun Program Magister. Lulusan yang diwisuda diikuti dari Magister 95 orang, Fakultas Kedokteran (dokter) 28 orang dan Sarjana Kedokteran (S.Ked) 72 orang,  Sarjana Sosial (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) 192 orang, Sarjana Teknik  152 orang serta Sarjana Ekononi (Manajemen) 544 orang dan D3 Perpajakan 41 orang. Pada hari kedua Sarjana Pendidikan  Matematika (263 orang), Bahasa Inggris (281 orang), PPKN (36 orang) serta Bimbingan dan Konseling (271 orang). Kemudian hari ketiga Sarjana Pendidikan: Bahasa Indonesia (133 orang), Pendidikan Akuntansi (303 orang),  Akuntansi (421 orang), Ekonomi Pembangunan (444 orang) serta Sarjana Agama Islam 291 orang.

Pada wisuda akbar ini, panitia menyiapkan tiga layar lebar audio visual yang terpasang di lantai 5 dan 6 gedung Selecta dengan mempersembahkan beragam konten akademik (kemajuan dan relasi pasar kerja bagi lulusan UMSU), hiburan dan prosesi acara. Dengan demikian kemasan acara mengundang apresiasi dari para lulusan dan 6.000 orangtua yang hadir selama tiga hari. Bahkan orangtua yang menyaksikan anaknya telah lulus dan siap diterima di pasar kerja meneteskan air mata ketika panitia memutar lagu audia video berjudul Ibu. (SB/01)

 

Comments