Bupati/Walikota Diminta Delegasikan Izin Usaha Kecil ke Kecamatan

ukm-1

Medan, (Sentralberita)- Menkop dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga  meresmikan Pembukaan Musrenbang 2017, Jum’at (1/4/2016 di Hotel Grand Angkasa Medan.

Dalam sambutannya Puspayoga menekankan agar Bupati/walikota segera mendelegasikan izin usaha untuk usaha mikro dan kecil ke tingkat kecamatan. 

Menurutnya dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN pemerintah fokus dengan memberi bunga ringan bagi para pelaku usaha. “Selain itu meningkatkan pelatihan SDM supaya mampu tingkatkan kualitas produk pelaku usaha kita,” katanya.

Dia menyebutkan pemerintah menurunkan suku bunga KUR sebelumnya 22%,  sekarang  menjadi 9%.  “Dua hari yang lalu pemerintah lounching KUR B yang berorientasi ekspor untuk UKM dan Mikro, ada dananya dari Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia,” jelasnya.

Sementara itu, Plt Gubsu H T Erry Nuradi  mengajak Bupati dan Walikota se Sumut menyatukan tekad fikiran dan langkah untuk meningkatkan pembangunan Sumut tahun 2017. “Sekaligus yang lebih penting meningkatkan kerjasama. Saya berharap bupati/ walikota satu barisan bersama membangun Sumut,” ujar Erry dalam sambutannya.

Erry kemudian meminta seluruh Bupati/walikota se Sumut yang hadir untuk naik kepanggung mendampinginya. “Baru ini dalam Musrenbang ini bupati/walikota paling banyak hadir.  Semoga ini menjadi era baru kebangkitan Sumut menjadi Sumut Paten,” katanya.

Kami berharap,lanjut Plt Gubsu, di bidang lain Provsu mengejar ketertinggalannya bahkan bisa menjadi yang terdepan.

“Dengan dukungan semua pihak, pemerintah akan terus tingkatkan pelayanan,” katanya

Dalam kesempatan itu Plt Gubsu juga menegaskan agar tidak ada lagi APBD Provinsi yang digunakan tidak sesuai tupoksi sebagaimana yang terjadi pada masa lalu.

Dia mencontohkan jangan ada pembanggunan jalan setapak dengan menggunakan APBD Provinsi karena   itu merupakan Tupoksi Pemkab/Pemko. (SB/01)

 

Comments

Tinggalkan Balasan