Ayah di Mata Anak Gadis

Sososk ayah di mata anak perempuan (Ilustrasi)
Sososk ayah di mata anak perempuan (Ilustrasi)

(Sentralberi)-Dari seorang ayah, anak perempuan belajar banyak hal. Lalu, seperti apa sosok ayah di mata anak gadis?

Baginya, ayah  adalah sosok fundamental dalam perkembangan emosi dan sosial. Ayah juga merupakan cinta pertama yang mengajarkan kasih sayang kepada putri kecilnya.

Lewat ayah, anak perempuan belajar bagaimana berhubungan dengan lawan jenis. Hubungan anak dengan sang putri juga membentuk kematangan emosi. Ketika seorang anak perempuan melihat bahwa ayahnya mencintai ibunya, maka saat dia berhubungan ingin diberi kasih sayang juga. Di kemudian hari, dia akan mencari pria yang memiliki karakteristik positif sama seperti ayahnya.

Anak gadis ingin dicintai dan dihargai. Dia ingin ayahnya melihat keberhasilan hidupnya, bakat dan peristiwa besar. Dia ingin pujian. Setiap anak gadis ingin menjadi putri ayahnya yang membanggakan. Kritik soal penampilan dari ayah sangat merusak mental anak perempuan.

Psikolog Lila Rosana mengatakan, “Menjadi otoriter dapat memberikan pesan kepada putrinya bahwa dia harus tunduk kepada laki-laki.”

Sebaiknya, ayah harus memutuskan mana keputusan yang diperlukan baginya dan putrinya tetap aman dan hargai. Ini membantu dia dewasa dan belajar konsekuensi soal keputusan yang buruk. Demikian dilansir Familyshare, Kamis (3/3/2016). (SB/OkeZ/01

Comments

Tinggalkan Balasan