SMK Pangeran Antasari Buka Program Studi Keahlian Tata Busana

SEKOLAHMedan, (Sentralberita)- Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari Helvetia, Deliserdang yang merupakan salah satu sekolah berprestasi di Sumatera Utara, kini telah memiliki Program Studi Keahlian Tata Busana.
Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deliserdang telah memberikan izin melalui surat No: 421/1381/PDM/2016 yang ditandatangani Kabid Pendidikan Dasar Menengah dan Jurusan (Dikdasmenjur) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Deliserdang Juri Amir SPd, kepada Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari Helvetia, untuk menerima siswa baru Tingkat SMK dengan Bidang Studi Keahlian Seni Kerajinan dan Pariwisata, Program Studi Keahlian Tata Busana, Paket Keahlian Busana Butik.
Kepala Sekolah SMK Pangeran Antasari Suryani SPd didampingi Koordinator YP Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang, Syaiful Anwar (guru BP), Posma Butarbutar SPd dan Zamiah SPd mengatakan, pendidikan program keahlian tata busana butik SMK saat ini sangat dibutuhkan. Dalam hal ini, pihaknya sudah siap dengan Program Studi Keahlian Tata Busana yang izinnya baru saja diberikan kepada SMK Pangeran Antasari.
Menurutnya, untuk Kabupaten Deliserdang Program Studi ini belum banyak. Karena itu, pada tahun ajaran baru ini pihaknya akan menerima siswa baru Program Studi Keahlian Tata Busana. “Untuk daerah Labuhandeli, Deliserdang baru SMK Pangeran Antasari yang memiliki Program Studi Keahlian Tata Busana,” katanya.
Suryani mengatakan, Program Studi Keahlian Tata Busana ini, selain memberikan keterampilan, juga memberikan lulusan yang siap bekerja maupun membuka usaha sendiri. Karena itu, lanjutnya, untuk menarik minat siswa SMK, pihaknya akan menggelar berbagai even besar, seperti mengadakan perlombaan Fashion Show dan mengundang perancang busana terkenal dari Jakarta, dengan bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Sumut.
“Even ini juga dalam rangka sosialisasai Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Pangeran Antasari ke masyarakat. Dan mendukung program Dinas Pendidikan Provinsi,” katanya.
Koordinator YP Pangeran Antasari Herli Leo Aritonang mengatakan, kehadiran Program Studi Keahlian Tata Busana di SMK Pangeran Antasari ini, salah satu cara untuk meningkatkan skill dan menambah pengalaman siswa SMK khususnya program keahlian tata busana yaitu dengan melaksanakan praktek kerja industri (Prakerin).
“Dalam hal ini, kami sudah melakukan banyak kerjasama dengan sejumlah butik dan konfeksi,”katanya.
Leo menyebutkan, tujuan utama SMK Pangeran Antasari dalam program studi tersebut, yaitu mempersiapkan siswa menjadi tenaga kerja handal dengan mengutamakan kemampuan kejuruan jenis tertentu.
“Secara tak langsung progran ini juga turut mendukung program pemerintah dalam dunia pendidikan. Sehingga, angka penggangguran dapat ditekan,” ucap Leo.
Sementara itu, Ketua Yayasan Pendidikan Pangeran Antasari Dr Tommy Leonard SH MKn mengatakan, tujuan program keahlian Busana Butik mempersiapkan peserta didik, agar menjadi manusia produktif, mampu bekerja mandiri, mengisi lowongan pekerjaan, sebagai tenaga kerja tingkat menengah, sesuai dengan kompetensi dalam program keahlian pilihannya.
Kemudian, kata Tommy, program keahlian Busana Butik ini dapat membekali siswa, agar mampu memilih karir, ulet dan gigih dalam berkompetensi, beradaptasi di lingkungan kerja dan mengembangkan sikap propesional, dalam bidang keahlian yang diminatinya.(SB/01)

3 thoughts on “SMK Pangeran Antasari Buka Program Studi Keahlian Tata Busana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *