Vincentia Moli Ambar Gantikan Ayub Amali Pimpin BPK Sumut

 gubsuMedan, (Sentralberita)- Plt Gubsu H T Erry Nuradi berharap Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sumatera Utara di bawah  pimpinan baru Vincentia Moli Ambar terus memberikan pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan, sehingga pengelolaan keuangan Pemprovsu dapat lebih efektif dan efisien .

Demikian kata sambutan Plt Gubsu yang dibacakan Sekda Provsu Hasban Ritonga pada acara Serah Terima Jabatan Kepala Perwakilan BPK Sumut, Senin (15/2) di kantor Perwakilan BPK Sumut Jalan Imam Bonjol Medan. Hadir pada acara Anggota V BPK RI Moermahadi Soerja Djanegara, Auditor Utama Keuangan Negara V BPK RI Bambang Pamungkas, Ketua DPRD Sumut ,Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Sumut serta sejumlah Bupati/ Walikota Se Sumatera Utara.

“Pemerintah  Provinsi Sumatera Utara mendukung penuh kinerja Badan Pemeriksaan Keuangan perwakilan Sumatera Utara. Mengingat BPK memiliki peran utama dalam memberikan pembinaan dan pengawasan pengelolaan keuangan daerah,” ujarnya.

Dikatakan, pengelolaan keuangan negara menempati posisi penting dalam kehidupan bernegara yang sangat terkait dengan kemampuan negara dalam mewujudkan tujuan negara. “Sejarah mengajarkan kita, buruknya pengelolaan keuangan negara telah menimbulkan berbagai macam penyakit seperti korupsi, kolusi dan nepotisme dan mengakibatkan keterpurukan negara,”paparnya.

Untuk itu, Plt Gubsu menyadari pentingnya pengelolaan keuangan yang baik, pemerintah telah melakukan reformasi di bidang keuangan dengan menerbitkan tiga undang-undang keuangan, yaitu UU no 17 tahun 2003 tentang keuangan negara, UU nomor 1 tentang pembendaharaan negara dan UU nomor 15 tahun 2004 tentang pemeriksaan pengelolaan dan tanggungjawab keuangan negara. “Terbitnya ketiga Undang-Undang tersebut dilandasi adanyan keinginan untuk mengelola keuangan dan daerah secara efektif dan efesien,”jelasnya.

Penyataan ini juga dibenarkan oleh Moermahadi Soerja Djanegara anggota V BPK RI, pentingnya peran pemerintah daerah untuk memberikan laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) Provsu. “Berdasarkan laporan ke BPK RI,  Sumut pada LKPD sangat baik, tingkat partisipasi sudah mencapai 50 persen, baik itu pertanggungjawab realisasi rencana, perubahaan anggaran hingga aset, kita berharap akan kedepan lebih baik lagi,”jelasnya.

Adapun Kepala BPK Sumut Vincentia Moli Ambar sebelumnya menjabat sebagai Kepala BPK Perwakilan Provinsi Lampung. Sementara Ayub Amali kepala BPK Sumut ditugaskan menjabat sebagai Auditorat Utama keuangan negara V BPK RI mengantikan Bambang Pamungkas yang memasuki masa purnabakti. (SB/01)

Comments