Keterbukaan Informasi Rentan Disalahgunakan

P Sumut dengan Komisi A DPRD Sumut, (foto-SB)
KIP Sumut dengan Komisi A DPRD Sumut, (foto-SB)

Medan,(Sentralberita)- UU No. 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) sangat rentan disalahgunakan untuk maksud-maksud di luar undang-undang, karena itu harus digelorakan dengan pengawalan yang ketat dari Komisi Informasi (KI) agar tidak menimbulkan keresahaan di Badan Publik.

Demikian terungkap dalam Audiensi Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara, H.M Zaki Abdullah (Ketua), Drs. Mayjen Simanungkalit, H.M Syahyan RW, Drs. Robinson Simbolon dan Ramdeswati Pohan M.SP ke Komisi A DPRD Sumut, Jln Imam Bonjol, Medan, Jumat (12/02/2016)
Ketua Komisi Informasi Provinsi Sumatera Utara HM Zaki Abdullah mengatakan, audiensi tersebut terkait amanah Pasal 28 ayat (2) UU No 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP). Sesuai amanah Pasal 28 ayat (2) UU KIP tersebut, Komisi Informasi Provinsi bertanggung jawab kepada gubernur dan menyampaikan laporan tentang pelaksanaan fungsi, tugas, dan wewenangnya kepada Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi yang bersangkutan.(SB/01)

Comments