Jadwal Pelantikan Ketua DPR Diputuskan di Bamus

Jakarta, (Sentralberita) – DPR rencananya akan menggelar Rapim sebelum Rapat Paripurna pada Senin (11/1) besok untuk membahas hal tersebut. Kemudian penjadwalan pelantikan ketua DPR yang baru dikatakan Fahri akan diputuskan di Badan Musyawarah (Bamus).

Ruang sidang DPR, (foto-DTC)
Ruang sidang DPR, (foto-DTC)

“Kita rapatkan dulu di Bamus besok. Kita ada Bamus paginya, Paripurna digeser agak siang sedikit. Bamus jam 09.00 WIB, paripurna jam 11.00 WIB. Di Bamus kita bahas,” kata Wakil Ketua Fahri Hamzah, Minggu (10/1).DPR sebelumnya merencanakan pelantikan ketua DPR pengganti Setya Novanto pada pembukaan masa sidang esok hari. Namun agenda tersebut masih terganjal oleh sejumlah hal.
Permasalahan muncul ketika Golkar dari dua kubu mengajukan dua nama calon ketua DPR yang berbeda untuk menggantikan Novamto. Kubu Aburizal Bakrie mengusulkan Ade Komarudin, sementara kubu Agung Laksono mengusulkan nama Agus Gumiwang Kartasasmita.
Awalnya pimpinan DPR berencana memproses pengajuan nama calon ketua DPR pengganti Novanto itu. Namun setelah Menkum HAM mencabut SK Kepengurusan Golkar kubu Agung Laksono, masalah baru pun muncul.
Keabsahan kepengurusan Golkar dipertanyakan menyusul dalam SK yang baru, Menkum HAM mengembalikan kepemimpinan Golkar ke Munas Riau. Sementara kepengurusan Munas Riau sendiri masa berlakunya sudah habis Desember 2015.
Meski begitu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah menyebut tak ada lagi yang perlu dipermasalahkan. Mengenai kepengurusan pimpinan Golkar, DPR disebutnya mengakui hasil Munas yang dipimpin oleh Aburizal Bakrie.
“Kalau SK sudah selesai, karena apapun kontroversinya Munas yang diakui Munasnya Pak Aburizal. Surat itu sudah masuk dan dibaca di Paripurna. Tinggal besok penjadwalan aja,” ungkap Fahri (SB/DTC/01)

 

Comments

Tinggalkan Balasan