Mendikbud Tahun 2016 Buat Laporan Neraca Pendidikan ke Publik

Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya
Ketua Komisi X DPR RI, Teuku Riefky Harsya

Jakarta, (Sentralberita)- Mendikbud Anies Baswedan mengatakan, mulai tahun depan pemerintah akan menyajikan laporan neraca pendidikan kepada publik.

Laporan ini antara lain meliputi rincian alokasi dan pemanfaatan anggaran fungsi pendidikan yang dikirim pemerintah pusat ke daerah melalui dana transfer daerah.

Pada tahun 2015, transfer ke daerah ini mencapai Rp 263 triliun (64 persen), dari total anggaran pendidikan yang berjumlah Rp 409 triliun.

“Laporan neraca pendidikan itu memang diperlukan publik, namun semestinya diperluas,” kata Ketua Komisi X DPR RI Teuku Riefky Harsya melalui rilis tertulisnya, Rabu (30/12).

Laporan itu, menurut Rieky, bukan hanya memaparkan pemanfaatan dan penyerapan dana transfer ke daerah, tetapi juga harus efisiensi dan efektivitas dana pendidikan yang disalurkan pemerintah pusat kepada puluhan kementerian/lembaga di pusat.

Sebagaimana diketahui, dalam APBN tahun 2016, alokasi untuk Kemendikbud dan Kemenristek & Dikti berjumlah sekitar Rp 89 triliun atau hanya sekitar 20 persen dari total alokasi dana pendidikan nasional yang berjumlah Rp 419 triliun. (SB/RMOL/01)

Comments

Tinggalkan Balasan